TPID NGAWI APRESIASI PRESTASI TPID LOMBOK BARAT

Giri Menang, Kamis 19 September 2019 – Masih segar diingatan Agustus lalu Kabupaten Lombok Barat meraih penghargaan TPID Berprestasi pada ajang Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2019. Hal itu tentunya menorehkan apresiasi serta mengundang beberapa daerah lain di Indonesia untuk berkunjung ke Lombok Barat untuk melihat dan mengkaji proses, strategi maupun inovasi yang dilakukan TPID Lombok Barat sehingga bisa meraih prestasi prestisius tesebut.

Tak terkecuali TPID Kabupaten Ngawi (Jawa Timur). Apresiasi disampaikan langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Ngawi, Mas’ud, selaku perwakilan TPID Ngawi saat berkunjung ke Lombok Barat, Kamis (19/9/2019).

“Kami sangat apresiasi Lombok Barat merupakan TPID berprestasi. Untuk itu kami ingin melihat secara dekat, bagaimana inovasi yg dilakukan sehingga tidak disangka Lombok Barat bisa berprestasi di tingkat nasional dalam hal TPID,” ungkap Mas’ud di hadapan staff Ahli I Nyoman Sembah beserta jajaran perwakilan OPD yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Derah (TPID) Lombok Barat di Kantor Bupati Lombok Barat.

Mas’ud mengatakan, beberapa strategi pemecahan permasalahan dalam hal inflasi daerah yang ingin dikaji TPID Ngawi selain inovasi juga adalah bagaimana kecepatan sistem kerja saat menangani masalah yang terdeteksi, serta bagaimana pemkab menyediakan kuota barang saat tejadi inflasi.

Sementara itu, Staff Ahli Bupati Lombok Barat, Nyoman Sembah selaku perwakilan dari Pemkab Lombok barat mengaku dirinya pu tidak menyangka TPID Lombok Barat akan meraih prestasi ini.

“Kami dan tim sebenarnya tidak menyangka kalau TPID kami akan meraih prestasi ini. Tapi tentunya berkat kerja keras, komitmen, sinergi, dan inovasi dari semua anggota tim, semua hal bisa berjalan lancar,” terangnya.

“Pembagian tugas yang efektif pun sangat menunjang kinerja tim. Seperti misalnya, Disperindag bersama anggota TPID bertanggungjawab atas stabilitas harga pangan strategi, kemudian Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan bertanggung jawab atas peningkatan ketahanan masyarakat, serta Dinas Perhubungan dan Dinas PU bertanggung jawab atas kelancaran distribusi,” lanjutnya menambahkan.

Nyoman juga memaparkan beberapa inovasi-inovasi kegiatan dari setiap OPD seperti adanya Detektif Pasar yang bertugas memantau kegiatan pasar secara tertutup. Adanya kegiatan diversifikasi ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat yaitu tanaman tanaman cabe dan ikan terintegrasi unggas yang disingkat TanCabKan-gas serta program jaga inflasi-lindungi petani (Rojali) dan beberapa program lainnya.

Nyoman juga menekankan visi “Amanah” sebagai landasan keberhasilan TPID Lombok Barat sampai saaat ini.

“Sesuai dengan visi Lombok Barat yaitu Lombok Barat MANTAP, yakni Amanah, Sejahtera dan Berprestasi. Jadi jika kita bekerja berdasarkan amanah pasti bisa berprestasi,” pungkas Nyoman. (Humas Lombok Barat)

http://humas.lombokbaratkab.go.id/portal/node/berita/tpid-ngawi-apresiasi-prestasi-tpid-lombok-barat

Reporter:
None

Share: