TPID LOBAR PELAJARI TEKNOLOGI "PLASMA OZONE" UNTUK PENGAWETAN CABE


TPID LOBAR PELAJARI TEKNOLOGI "PLASMA OZONE" UNTUK PENGAWETAN CABE

Keterangan Gambar :


Anjloknya harga beberapa komoditas hortikultura terutama jenis cabai membuat Pemerintah Daerah berpikir keras untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang di tempuh adalah belajar kepada TPID Provinsi Jawa Tengah tentang kebijakan mereka mengatasi permasalahan tersebut, salah satu teknologi yang digunakan adalah teknologi Plasma Ozon.

Di fasilitasi oleh TPID Jawa Tengah dan BI perwakilan Jawa Tengah rombongan dipertemukan langsung dengan penemu teknologi tersebut yaitu Prof.DR Muhammad Nur Selanjutnya rombongan mendapat pemaparan langsung oleh Prof. Dr. Muhammad Nur, beliau merupakan Dosen dan Peneliti Iniversitas Dipenegoro Semarang, sekaligus penerima penghargaan Anugerah Adibrata 2018, dalam paparannya di jelaskan bahwa sistem kerja alat ini dengan cara pencucian air berozon dan penirisan dengan udara berozon. Perlakuan tersebut akan menghilangkan jamur, bakteri, kapang dan pestisida.

Sistem ini terdiri dari generator ozon, pelarutan ozon ke dalam air, konveyor dan sistem penyemprotan air berozon dan pengeringan produk hotikultura serta tempat penyimpanan berupa cold storage. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa cabai yang telah mendapatkan perlakuan dalam sistem ozonisasi dan penyimpanan dapat terjaga kualitasnya dalam waktu yang lama, lebih dari tiga bulan, Teknologi ini sudah di kemabangkan dan di produksi masal oleh perusahaan D’Ozone Technologi Semarang dengan merk “D’ Ozone”.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. sumirah 07 Feb 2019, 06:45:05 WIB

    saya harus

Tulis Komentar