RAPAT PENGENDALIAN INFLASI TRIWULAN I


RAPAT PENGENDALIAN INFLASI TRIWULAN I

Keterangan Gambar : Rapat Pengendalian Inflasi


Rapat pengendalian Inflasi Triwulan II Tahun 2019 Kabupaten Lombok Barat di laksanakan pada hari Selasa tanggal 2 April 2019 bertempat di Ruang rapat Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Barat, rapat ini dipimpin oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat  selaku wakil Ketua I TPID Kab. Lombok Barat, beberapa hal yang dibahas di rapat yaitu :

  1. Kondisi inflasi pada dua tahun terakhir cenderung bersipat insidental namun relatif terkendali.
  2. Pada bulan Januari 2019, Kota Mataram (rujukan Lombok Barat)  mengalami inflasi sebesar 0,44 persen Lebih rendah dari inflasi Nusa Tenggara Barat  sebesar 0,51 persen,  Angka inflasi ini berada di atas angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 0,32 persen.
  3. Pada bulan Februari 2019, Kota Mataram mengalami deflasi sebesar 0,24 persen  di bawah deflasi Nusa Tenggara Barat sebesar 0,33 persen, Angka ini lebih besar dibanding angka deflasi nasional yang tercatat sebesar 0,08 persen.
  4. Isu inflasi pada awal tahun yaitu :
  • Hasil pertanian/Hortikultura/Cabai melimpah namun tidak terserap oleh pasar lokal
  • Biaya cargo untuk hasil pertanian/hortikultura yang kirim ke luar daerah khususnya cabai  meningkat drastis sehingga menjadikan biaya distribusi melonjak dan tidak menguntungkan untuk petani.
  • Anjloknya harga  untuk beberapa hasil pertanian/hortikultura khususnya cabai pada tingkat petani hingga menyentuh angka Rp.5.000,-/Kg.
  1. Solusi atas isu inflasi :
    1. Jangka pendek

Aksi ASN/PNS beli cabai, kegiatan ini di fasilitasi oleh Dinas Pertanian dan Dinas Perindag melalui kegitan Pasar murah di halaman Kantor Bupati Lombok Barat. Pada kesempatan ini berhasil terjual sekitar 8.Ton Cabai segar dengan harga jual Rp.10.000,-/Kg.

    1. Jangka menengah
      • TEKNOLOGI CAS merupakan sistem yang mengkombinasikan teknologi pendingin dengan teknologi pengkondisian udara (O2, CO2, N2, Ethylene dan RH) sebagai alat penyimpan produk komoditi hortikultura dalam jangka waktu yang lebih panjang
      • Flasma Ozon ,Sistem ini terdiri dari generator ozon, pelarutan ozon ke dalam air, konveyor dan sistem penyemprotan air berozon dan pengeringan produk hotikultura serta tempat penyimpanan berupa cold storage
    2. Jangka Panjang, kemitraan dengan perusahaan dan pengolahan pangan secara mandiri.
  1. Beberapa upaya dalam rangka pengendalian inflasi
  • Stabilitas harga pangan strategis melalui :
    1. Pasar Murah Kebutuhan pokok
    2. Operasi Pasar terutama barang yang bergejolak (Valitile food)
    3. Pemantauan dan inspeksi pangan strategis secara berkala
  • Peningkatan ketahanan pangan masyarakat melalui:
  1. Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat untuk jenis pangan beras
  2. Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat untuk jenis pangan buah, sayur dan unggas
  3. Gerakan terpadu telur dan unggas (Gardu Tugas)
  • Kelancaran Arus Distribusi Barang
  1. Peningkatan kualitas jalan di Jalur distribusi
  2. Pengaturan dan prioritas kendaraan pengangkut bahan kebutuhan pokok pada saat-saat tertentu

REKOMENDASI  RAPAT :

  1. Diminta kepada Tim Pengendali Inflasi Kabupaten Lombok Barat untuk bersurat secara resmi kepada TPID Provinsi NTB khususnya Dinas Perdagangan Provinsi NTB untuk mengaktifkan kembali pasar lelang guna mengakomodir surplus dan anjloknya harga hortikultura pada puncak musim panen yang pada akhirnya hasil pertanian dimaksud dapat terserap oleh pasar regional NTB.
  2. Perlu di buatkan himbauan atau sejenisnya yang ditujukan kepada tokoh agama dan para Tuan Guru agar menyampaikan dalam dakwah kepada masyarakat agar berbelanja secara wajar dan bijak.
  3. Kepada sekretariat TPID Kabupaten Lombok Barat agar mengkoordinir dan memfasilitasi seluruh anggota TPID Kabupaten Lombok Barat untuk melakukan kegiatan Capacity Building khususnya mempelajari teknologi dalam mendukung stabilitas harga dan ketersediaan pasokan antar waktu yaitu Controlled Atmosphere Storage (CAS) dan teknologi flasma ozone yang digunakan untuk penyimpanan komoditas pangan dan hortikultura sehingga dapat di mamfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

 


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar