Rapat pengendalian Inflasi Kabupaten Lombok Barat


Rapat pengendalian Inflasi Kabupaten Lombok Barat

Keterangan Gambar : Rapat pengendalian Inflasi di Kabupaten Lombok Barat


Rapat pengendalian Inflasi di Kabupaten Lombok Barat di laksanakan pada hari Senin tanggal 14 Januari 2019 bertempat di Aula Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat, rapat ini dipimpin oleh Asisten Administrasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Barat (Ir.Hj.Lale Prayatni), sebagai pembuka pimpinan rapat menyampaikan beberapa hal yaitu :

1.            Mengutip dari beberapa media lokal serta hasil pantauan petugas survey harga pasar diketahui bahwa beberapa bahan pangan strategis mulai mengalami kenaikan diantaranya adalah beras, cabe dan bawang merah, oleh karenanya di perlukan campur tangan pemerintah khususnya TPID untuk mengitervensi pasar agar gejolak harga tetap stabil dan terjaga, TPID harus menelusuri jalur distribusi barang tersebut sehingga bisa di pangkas jalur distribusinya, yang pada akhirnya akan memangkas biaya distribusi.

2.            Anggota TPID harus mampu megendalikan gejolak harga di pasar sebelum isu tersebut menjadi trending topik di media-media lokal

3.            Terkait penilaian TPID award khusunya kategori Kabupaten/Kota berprestasi sangat diharapkan pada tahun ini kita mampu meraih predikat Kabupaten berprestasi dalam hal pengendalian inflasi

4.            Kabupaten Lombok Barat telah melaksanakan kegiatan-kegiatan pengendalian inflasi sejak lama, sayangnya kegiatan tersebut kurang terdokumentasi dengan baik, selain itu label pengendalian inflasi kurang di tonjolkan pada kegiatan yang sudah kita laksanakan selama ini.

5.            Di minta kepada OPD agar setiap kegiatan/program yang terkait dengan kegiatan TPID agar di dokumentasikan dengan baik, di buatkan kerangka acuan kerjanya yang memuat gambaran kegiatan tentang kapan, dimana dan bagaimana kegiatan tersebut dilaksanakan, dokumennya tembuskan/dikirim ke Sekretariat TPID Lombok Barat, selanjutnya kegiatan tersebut akan di upload melalui website TPID Lombok Barat.

6.            Kepada Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Lombok Barat agar membantu TPID dalam penyempurnaan website TPID Kabupaten Lombok Barat, selain itu diminta kepada Dinas Kominfo dan Statistik menyediakan space yang lebih kepada TPID sehingga yang di tampilkan di website lebih variatif  bukan hanya harga pangan strategis.

7.            Selanjutnya terkait kegiatan pengendalian inflasi pada tahun 2019, TPID Kabupaten Lombok Barat dibawah koordinasi TPID Provinsi NTB bersama Bank Indonesia Perwakilan Mataram telah menyusun “Roadmap” /peta jalan pengendalian inflasi tahun 2019 sampai denga  2021, pengendalian inflasi di tekankan  pada 4 K yaitu :                   

a. Keterjangkauan harga artinya pemerintah daerah diharapkan dapat membantu dalam stabilitas harga dengan memanfaatkan dana anggaran untuk stabilitas harga barang,  serta dapat  melaksanakan pasar murah terintengritas dengan melibatkan OPD dan pihak terkait.

b. Ketersediaan Pasokan  artinya pemerintah daerah di harapkan dapat memperkuat produksi cadangan pangan seperti pembangunan infrastuktur dan rehabilitasi irigasi,dapat juga  bantuan untuk pupuk,  benih dll.

c. Kelancaran distribusi artinya mendorong kerjasama antar daerah, mengsingkronkan pasar pasar pengumpul untuk memperluas akses pasar petani dan mengefesienkan rantai distribusi.

d. Komunikasi yang efektif artinya memperkuat komunikasi pusat dan daerah, meningkatkan pemantauan lapangan, koordinasi yang baik dengan aparat penengak hukum terkait pengendalian inflasi  daerah.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar