PASAR MURAH MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN


PASAR MURAH MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN

Keterangan Gambar :


Sejumlah harga komoditas pangan di pasar tradisional di Kabupaten Lombok Barat mulai merangkak naik. Harga barang pokok berpotensi naik signifikan seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat mendekati bulan suci Ramadan yang akan masuk dalam satu pekan ke depan. Berdasarkan pantauan petugas survey harga pasar dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat, harga bahan pokok yang mulai naik yakni bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit dan daging ayam.

Kenaikan harga-harga sudah mulai terasa sejak 3 pekan lalu, patauan terakhir petugas di ketahui bahwa harga cabai mencapai Rp. 28.000,-/Kg, Bawang Merah, Rp.35.000-45.000/Kg. Harga daging yang sebelumnya Rp23.000-25.000 ribu/kg, kini mengalami kenaikan menjadi antara Rp32 ribu-34 ribu/kg.

Menyikapi kondisi tersebut diatas, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, bekerjasama dengan Bulog dan beberapa Distributor /  Suplayer, (Indomaret, Alfamart, UD Daya Abadi,Cimbo Sosis, Indofood, UD Shinta, Indo Marco, PPI) serta beberapa IKM maupun petani penghasil komoditi menyelenggaraka Operasi Pasar murah menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) Kebutuhan Pokok ini merupakan salah satu bentuk antisipasi bahwa setiap menjelang bulan Suci Ramadhan sampai dengan Hari Raya Idul Fitri, hukum ekonomi selalu berlaku. Ketika permintaan terhadap barang utamanya kebutuhan pokok meningkat, maka harga – harga dipastikan juga ikut naik, bahkan di beberapa Daerah, terutama yang transportasinya sulit, barang – barang kebutuhan pokok tidak hanya harganya mahal, tetapi barangnya juga tidak tersedia. namun demikian, mudah – mudahan kondisi tersebut tidak sampai terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) ini adalah, sebagai berikut :

  • Membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari melalui subsidi yang bersumber dari APBD Kabupaten Lombok Barat
  • Mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang puasa dan Hari Raya Idul Fitri yang semakin memperberat beban masyarakat, yang berdampak semakin tingginya inflasi.

 

Pelaksanaan Operasi Pasar Murah (OPM) kebutuhan pokok Tahun 2019 di Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan di 9 (Sembilan) titik, yaitu di wilayah Kecamatan Batu Layar, Gunung Sari, Lingsar, Narmada,Kuripan, Labuapi, Kediri, Lembar dan Kecamatan Gerung. (http://tpid.lombokbaratkab.go.id)


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. dlsld 06 Feb 2019, 15:21:40 WIB

    sl

    djskd 07 Feb 2019, 06:45:45 WIB

    kdksk

Tulis Komentar